Kamis, 28 Januari 2010

JAGALAH MULUTMU

Rasulullah SAW bersabda: tiga golongan yg tidak akan diterima do'a-do'anya; memakan harta haram (zat/caranya), org yg suka membicarakan kejelekan orng lain (pelaku ghibah), dan orang yg bersifat hasud. ( Hr. Muttafaq 'alaih/Bukhari-Muslim )

salah satu tanda kiyamat adalah: apabila suatu wilayah atau Negara sudah dipimpin oleh wanita dan laki-laki yg bodoh... (Hr. Al-Bukhari, Ahmad, Nasa'i) jika hal td sudah terjadi, fa adhallu wa adhallu..... (maka kehidupan wilayah atau negara itu akan saling sesat menyesatkan...)

"(lembah wail) hanya bagi orang yang berprilaku HUMAZAH dan LUMAZAH. Humazah adalah; perkataan kotor, seperti ghibah, mencela, fitnah, mengadu domba (namimah) dsb. Lumazah adalah; perbuatan yg di larang oleh agama, seperti; dzolim, membunuh tanpa haq, curang (tdk adil) dsb. Allah SWT menetapkan dalam firman-Nya, bahw...a tmpat bg prilaku tersebut hanyalah Jahannam. Na'udzubillah tsumma nau'dzubillah...

"QS.Al-Humazah:1" Ibnu Abbas memberikan penafsiran, bawha "wail" adalah suatu lembah yg berada di Jahannam, yg disediakan Allah sebagai tempat minum penghuni Neraka.ketika org bermaksud meminumnya, mk sebelum air itu mengenai lidahnya, mk seluruh isi... dalam perut manusia akan keluar, dan penduduk neraka akan menjerit... kesakitan dankepanasan.. (lihat Tafsir QS. Al-Humazah:1 tanwirul Miqbas)

dan barang siapa bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memberikannya jalan keluar (solusi bagi setiap permasalahan manusia)... yakinlah, seberat apapun ujian qt, permasalahan qt, tetap bersabar sebab Allah telah menantikan kebahagiaan bg org yg shabar.

Jawaban: "lihatlah tafsir QS.As-Asyams: 8-10" maknanya: smua akibat trgntung perbuatan kita. Ibnu Hajar:(fathul baary) mnjlskn dlm sabda Rasul. bahwa yg di maksud Allah menentukan; jodoh,umur,harta dan surga-neraka bagi manusia, maksudnya ketentuan yg tidak bs lps dr mnusia, adapun siapa jodoh,harta,umur dan surga-nera...kanya itu hakikatnya kita yg menentukan (sabab-musabab) lihat pula tafsir tntang ikhtiyar-kasab

Rasulallah SAW bersabda: miskin adalah org yg hanya bs makan d pagi hari dan tdk ada untuk sore harinya."

-Ibnu Abbas dalam tnwirul miqbas berkata, hakikat kemajuan kita kan sebuah rizki (harta), kesehatan, kecerdasan dan pasangan adalah tergantung usaha dan ikhtiyar kita. mk apapun hasilnya dengan usaha kita, itulah takdir qt.

-pekerjaan keras tdk menjamin akan menghasilkan perkara banyak. (lihat Mario Teguh dlm buunya (usaha keras)... Lihat Selengkapnya

- Rasul bersabda: tanda kiyamat itu apabila semua org telah menjadi kaya, sehingga akan ada seseorang yg mengimpakkan dengan emas dengan peti besar, dia berkeliling desa namun tdk ada yg menerimanya disebabkan manusia telah kaya raya"

lihat bagaimana penyarah memberikan penjelasan hadits ini, bahwa pada saat itu manusia akan berusaha danmempokuskan untuk merubah hidupnya agar lebih kaya, dan mereka kaya. tulah tanda kiyamat.

hadits td menjadi dalil bahwa hakikat takdir itu bagaimana usaha kita, apa yg kita dapat, itulah takdir qt (fathul Baari 'syarah al-Bukhary' Bab qodo-qodar)

Rosul bersabda: "Semua umatku akan masuk surgha.... Al-Hadits (Hr.Bukhari), Allah menjelaskan ada 3 proses masuk surgha; 1. golongan (sabiq bil khairot) masuk surgha tanpa di hisab, 2.golongan (muqtashid) masuk surgha setelah dihisab, namun mendapatkan hisaban yg ringan, 3.golongan (dzolim linafsih) masuk surgha setela...h di azab terlebih dahulu.. lihat Tafsir Ibnu Katsir

Sufyan At-Saury berkata: setiap kemaksiatan yg timbul dr dorongan nafsu msh bs diharapkan ampunannya, namun kemaksiatan yg timbul dr dorongan kesombongan tidak bs diharapkan ampunannya. Rasul SAW bersabda "Tidak akan masuk surgha bagi org yg ada dalam hatinya sifat kesombongan, walaupun sebesar debu (HR. Bukhari)

ghibah adalah membicarakan kejelekan orang lain, Allah telah menetapkan siksaan bagi orang yg meng-ghibah dengan siksaan; memakan bangkai yang bau busuk. kemudian Rasulallah SAW pun brsabda, "bahwa org yg senang mendengar kejelekan org lain (membuka aib org lain) mk telinganya akan di guyuri al-anuk, (al-anuk adalah cairan timah dari jahannam)...."

makna birrun; kebaikan yg bersifat terus-menerus, tidak boleh berhenti (mk dgn hal itu Al-Qur'an mengungkapkan dgn kalimat "birrul waalidaen" = berbuat baik pd org tua) ini adalah tuntutan bahwa berbuat kebaikan pd orang tua hrus selamanya......

salah satu ilmu yg harus dikuasai dalam menafsirkan Al-Qur'an adalah 'Ilmu Ma'ani. dalam 'Ilmu ini akan membahas tentang berbagai makna al-qur'an. mengapa ada kalimat yg sama dlm Al-Qur'an, mengapa ada murodif, musytarok, tibaq dsb. contoh: birrun, hasan,ma'ruf,khair, semuanya berati "baik", tp maknanya berbeda. (lihat... Arroghib al-Asyfahani)

Imam Al-Qurthubi brkta dlm tafsirnya.bhwa hrm ada 2;1.zaati,2.'irdhi; hrm zaati adlh sesuatu yang diharamkan berupa zatnya,sprti;babi,bangkai darat,darah segar.sdngkn hrm 'irdhi adlh hrm dr sgi cara/jalannya,sprti;barang hasil curian,menipu dsb.Imam Syafi'i brkta,"mkanan yg disndrkn pd pryaan2 ibh, adhl pryaan itu jls2... tdk ada printh dan cntohnya dr Rasul, mk makanan itu tergolong haram 'irdhi.(lihat al-Umm)

Rasulullaoh SAW bersabda: 3 golongan yang do'anya tidak akan diterima; 1. orang yang gemar memakan barang haram, 2. orang yang gemar berghibah (suka membicarakan kejelekan orang lain), dan 3. orang yang di dalam hatinya ada rasa dengki/hasud. (HR. Bukhari)

uLin nuha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis di sini apa yang harus ku perbaiki