Kamis, 28 Januari 2010

muqoddimah

kalimat "iyyaka" dengan memakai syiddah pada huruf "ya" berarti "hanya pada-Mu". namun jika tanpa syiddah "IYAKA" itu berarti "cahaya matahari". konsentrasilah dalam setiap bacaan al-qur'an. bacala "IYYAKA" dengan memakai syiddah. (Tafsir Ibn Katsir)

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Seorang Muslim adalah saudaranya orang Muslim yang lain. Janganlah ia berkhianat kepada saudaranya itu dan jangan pula mendustainya, juga jangan menghinakannya - juga enggan memberikan pertolongan padanya bila diperlukan.......

Setiap Muslim terhadap Muslim lainnya itu adalah haram kehormatannya - tidak boleh dinodai, haram hartanya - tidak boleh dirampas - dan haram darahnya - tidak boleh dibunuh tanpa dasar kebenaran. Ketaqwaan itu di sini - dalam hati. Cukuplah seseorang itu menjadi orang jelek, jikalau ia menghinakan saudaranya yang sama Muslimnya." (Hr. Tirmidzi)

IHDINAA : Fiil Amr (Du’a) mabni atas hadzfu harfi ‘illah (huruf ‘illah yang dibuang) diakhirnya, yaitu huruf; “ya”. Buktinya adalah tanda kasrah. Dan fail (subjek)nya adalah dhamir yag tersembunyi, takdirnya: “anta (kamu)”. Dan dhamir “NAA “ (kami); adalah dhamir yang bersambung dengan fiilnya, mabni sukun berkedud...ukan menjadi maf’ul bih. (objek). Maknanya: “tunjukilah kami oleh-Mu”

ASH-SHIRAATHO : maf’ul bih kedua yang mansub, tanda nasabnya adalah fathah yang nampak jelas. Ada yang mengatakan; mansub binaz’il khofdhi. Takdirnya: “Tunjukilah kami oleh-Mu kepada jalan.” AL-MUSTAQIIMA : sifat dari “Ash-Shirat” mansub. Tanda nasabnya adalah fathah yang nampak jelas di akhirnya.

Allah Yang Maha Suci telah menjelaskan makna “siratal mustaqim” itu dengan menyebutkan hanya agama Islamlah yang paling benar. Selain Islam, agama apapun akan di tolak. Barangsiapa mencari agama selain agama islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-...

terjadinya hari kiyamat adalah ghaib. barang siapa yg sok tahu tntang ghaib, mk batal keimanannya. tidak ada 1 ayatpun yang menjelaskan tentang kapan terjadinya kiyamat, hanyasaja Allah swt memberikan tanda-tandanya; 1) Al-Qur'an hanya sebagai pajangan, 2) diminumnya khomer, 3) banyaknya perjinaan, 4) apabila musik tel...ah lebih disenangi drpd Al-Qur'an.

Pada (awal) pintu jalan itu terdapat seruan, dengan seruan: wahai manusia, masuklah kalian semuanya kedalam pintu ini dan janganlah kalian berpaling (belok). Dan (terdapat seruan pula) di atas jalan ketika manusia hendak membuka tabir yang menutupi pinti-pintu itu, dengan seruan: celaka kamu!! Janganlah kau buka (tabir... yang menutup pintu-pintu itu), jika kau buka, maka kamu akan celaka...

Ihdina (tunjukilah kami), dari kata hidayaat: memberi petunjuk ke suatu jalan yang benar. yang dimaksud dengan ayat ini bukan sekedar memberi hidayah saja, tetapi juga memberi taufik. Sebagaimana Imam Al-Maraghi berkata: bahwa hidayah Allah kepada manusia terdapat bermacam-macam bentuk:.......

Jin adalah makhluq Allah SWT, Iblis adalah keturunan Jin yg Kafir, sedangkan Syetan adalah sifat kekufuran yang terdapat pada diri Jin dan Manusia. ta'awudzlah selalu agar d jauhi dari gangguan Syetan yg terkutuk

Al-Qur'an memiliki 2 sistem; muhkam dan mutasyabbih. hakikat Allah SWT memberikan sistem ini supaya Al-Qur'an tetap murni hanya bisa dipahami oleh orang yg ikhlas dan bnr2 beriman. mk saat org munafik membaca al-Qur'an, mk bukan keimanan yg bertambah, melainkan kemaunafikannya akan bertambah. bacalah al_qur'an dengan h...ati yg bersih dan suci, kelak Al-Qur'an akan menjadi obat bg hti kalian.

hari ini bertepatan dgn 'asyuro, shaum'y semua agama. Rasulallah SAW ingin berbeda dgn umat2 yg lain, sehingga beliau berkata "kelak ada umur, mk d tahun depan qt shaum dr tgl 9 Muharram" inilah yg d sebut dgn Sunnah Hammiyah. Rasul bersabda: Shaum tasu'a asyura (tgl 9-10 Muharram) akan diampuni dosa2nya 1thn k blkng".... smoga qt dlm keadaan shaum.

Al-Maghdub=Yahudi,Adh-Dhaaliin=Nasrani.tafsir QS.Al-Fatihah:7. Imam Al-Maraghi mnjlskn;Karaktr Yahudi adlh berikmu,tau agama,tp enggan mlkuknnya.Nasrani adlh org yg bnyk bribdh dgn tnpa dalil/printah. Umat Islam akan jd 2 cbng;1-syibhul yahud (mnyrupai yahudi) 2.syibhu an-nashron (mnyrupai nasrani).mksudnya;1-org Islam... yg tau agama nmun mlnggar printah Allah, 2-org Islam yg banyak beribadah namun tidak ada perintah.

uLin nuha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis di sini apa yang harus ku perbaiki